Untuk mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan yang bermakna dan bernilai spiritual bagi seluruh peserta didik sekaligus implementasi nilai Profil Pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak, SMK Negeri 6 Semarang melaksanakan kegiatan Nuzulul Qur’an yang di laksanakan pada Kamis, 28 Maret 2024 dengan tema “Implementasi Nilia-Nilai Al-Qur’an di Era Digital”, yang bertempat di lapangan SMK Negeri 6 Semarang. Nuzulul Quran merupakan momen penting dalam agama Islam, yaitu turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW, untuk itu kegiatan ini perlu dilaksanakan di lingkungan sekolah sebagai bentuk pembelajaran nilai-nilai keagaaman.

Acara dimulai dengan khataman Qur’an dan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dipimpin oleh peserta didik dengan suasana yang damai dan khusyuk, kemudian dilanjutkan doa bersama untuk memohon keberkahan dan petunjuk dari Allah SWT. Selain itu, sebagai bagian dari upaya untuk memperdalam pemahaman nilai keagamaan. Acara ini juga diisi dengan tausiyah dari uzt Ali Maksum, SE, ME tentang menjaga keistimewaan Al-Qur’an dan seseorang yang dirindukan Al-Qur’an. Tausiyah yang dibawakan berlangsung khidmat, isi tausiyah juga di iringi dengan solawatan bersama yang menambah ketenangan dan semangat dari peserta didik dan dan bapak ibu guru karyawan yang hadir. Setelah tausiyah, dilajutkan dengan sesi tanya jawab dengan suasana menyenangkan, serta antusias peserta didik untuk bertanya kepada pemateri yang dihadirkan.

Setelah acara peringatan Nuzulul Qur’an, dilanjutkan  dengan kegiatan buka bersama. siswa, guru, dan karyawan berkumpul di lapangan sekolah untuk menikmati hidangan berbuka puasa bersama-sama. Acara tersebut diisi dengan suasana kebersamaan dan kegembiraan, sambil berbagi cerita tentang pengalaman selama bulan Ramadan. Acara Nuzulul Qur’an dan buka bersama di sekolah menjadi momen berharga bagi siswa dan seluruh anggota sekolah untuk merayakan kebersamaan.

Peringatan Nuzulul Quran dalam bulan Ramadan ini ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh guru agama SMK Negeri 6 Semarang, memohon keberkahan dan hidayah dari Allah SWT bagi seluruh warga sekolah. Harapan besar tersemat dalam setiap kegiatan ini, yaitu agar Al-Qur’an senantiasa menjadi pedoman hidup bagi setiap individu di SMK Negeri