17 Agustus merupakan tanggal bersejarah bagi negara Indonesia. Ya, siapa yang tidak tahu bahwa 17 Agustus merupakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Seluruh penjuru negeri turut memeriahkan hari jadi negara Indonesia. SMK Negeri 6 Semarang dalam memeriahkan HUT RI ke 78 mengadakan jalan sehat seluruh warga sekolah dan lomba-lomba yang menarik.

Jalan sehat dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Jalan sehat diikuti oleh seluruh warga sekolah mulai dari guru, tenaga pendidik dan peserta didik. Rute yang dilalui ialah SMK N 6 Semarang – Stadion DIponegoro – Hotel Harris – Jl. MT.Haryono – SMK Negeri 6 Semarang. Setelah jalan sehat, dilanjutkan dengan lomba yang diperuntukkan Bapak/Ibu Guru & Karyawan. Lomba yang diikuti diantaranya ialah estafet balon dan voli sarung. Dua hari sebelumnya, peserta didik juga turut mengikuti lomba yang diadakan oleh panitia. Mulai dari lomba catwalk, gelas terbang, sarung beranak, bakiak kaki, estafet sarung.

Selain itu, SMK N 6 Semarang juga membagikan ratusan doorprize kepada peserta didik dan Bapak/Ibu Guru Karyawan. Ada pula doorprize utama berupa sepeda yang disponsori oleh KPRI Putra Sejahtera. Harapannya, di usia yang ke 78 tahun ini Indonesia terus melaju, untuk Indonesia maju.