Dalam rangka melanjutkan Program Prioritas Nasional “ Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS)”. Perwakilan dari SMKN 6 telah mengikuti kegiatan “Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Untuk Keamanan Pangan Sekolah Kota Semarang”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu,14 Juni 2023,bertempat di Aula Hotel Khas Semarang yang diselenggarakan oleh Balai Besar POM di Semarang. Bimtek ini diikuti oleh  16 sekolah terdiri dari  SD ,SMP ,SMA /SMK  sekota Semarang”. Tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan PJAS yang aman,bermutu,dan bergizi.  Untuk itu Implementasi program PJAS menuntut kemandirian sekolah termasuk guru,orangtua siswa,serta pengelola kantin dalam mengawasi keamanan jajanan anak di lingkungan sekolah masing -masing.

Demi menunjang tujuan dari kegiatan tersebut, maka dibentuk kader untuk masing-masing sekolah. Tugas kader yaitu melakukan intervensi keamanan pangan pada komunitas sekolah. Materi yang diberikan untuk kader antara lain, kebijakan keamanan pangan jajanan anak sekolah, mengolah pangan aman, memilih pangan aman, nutrisi seimbang untuk SDM unggul, contoh-cntoh jajanan yang tidak sehat, peran kader keamanan pangan sekolah, monitoring kader, dan tahapan sertifikasi sekolah.

Sebelum dilaksanakan bimtek yang diikuti kader keamanan pangan sekolah, kegiatan diawali dengan “Sosialisasi Keamanan Pangan Kepada Komunitas Sekolah” yang sudah terlaksana pada hari selasa, 13 Juni 2023”. Lintang Purba Jaya, kepala BBPOM Kota Semarang menyampaikan bahwa tujuan dari kedua kegiatan ini untuk mengentaskan masyarakat Indonesia dari kemiskinan.

SMK Negeri 6 Semarang merupakan salah satu pilot project untuk kegiatan KPS di kota Semarang. Sehingga SMK Negeri 6 Semarang memunyai tugas untuk mensosialisasikan dan pembinaan tentang keamanan pangan di sekolah sekitar di wilayah Kota Semarang.